RSS

Kalimantan Barat - “Tarian Adat, Rumah Adat, Pakaian Adat, Senjata Tradisional, Makanan Tradisional, Alat Musik Tradisional & Lagu Daerah”


Tari Zapin Tembung,
 Merupakan suatu tari pergaulan dalam masyarakat Kalimantan Barat.

Istana Kesultanan Kadariyah
Rumah adat Kalimantan Barat mengadopsi arsitektur Isatana Kadariyah. Konstruksi bangunan ini hampir semuanya dari kayu besi, sehingga bisa bertahan lama 

Pakaian Adat Tradisional Perang
Pakaian ini adalah pakaian yang digunakan sudah sejak dulu oleh masyarakat Kalimantan Barat. Pakaian adat trasional Kalimantan Barat berbahan kulit kayu yang diproses menjadi kain. Untuk bahan utama yang digunakan sebagai bahan pakaian adat tradisional Kalimantan Barat adalah kulit kayu kapuo atau ampuro.



Bubur Sambas, 
Bubur yang berasal dari wilayah Sambas, Kalimantan barat ini tidaklah “pedas” seperti nama yang ada dalam nama makanan tersebut. Bubur pedas ini biasanya terbuat dari campuran sayuran tampa campuran bahan cabai sedikitpun. Jadi untuk para pecinta kuliner yang tidak suka pedas, janganlah khawatir dan tidak berani mencoba


Tuma

Ditepuk dengan menggunakan telapak tangan


Mandau

Mandau merupakan senjata tradisional suku Dayak, semacam golok dan berbentuk panjang, terbuat dari bahan pilihan yang diambil dari batu gunung yang mengandung besi. Hiasan senjata ini berupa bulu burung enggang atau rambut manusia, ditaruh di hulu mandau yang terbuat dari tanduk atau kayu.
Sumber : 
http://www.azamku.com/macam-macam-tarian-tradisional-indonesia/ 
http://senibudaya12.blogspot.com/2012/07/gambar-dan-nama-rumah-adat-daerah-di-33.html
http://tasik-cyber.blogspot.com/2014/08/gambar-dan-nama-pakaian-adat.html
https://adelapuspita.wordpress.com/2013/11/26/makanan-khas-34-provinsi-di-indonesia/ 
http://ngulik.co/alat-musik-tradisional-34-provinsi-di-indonesia/
http://mastugino.blogspot.com/2014/08/not-angka-lagu-daerah.html 
http://tasik-cyber.blogspot.com/2014/08/gambar-dan-nama-senjata-tradisional-dari-33-provinsi-di-indonesia.html