RSS

Sulawesi Barat - “Tarian Adat, Rumah Adat, Pakaian Adat, Senjata Tradisional, Makanan Tradisional, Alat Musik Tradisional & Lagu Daerah”

Tari patuddu
  ditujukan dalam acara untuk menyambut para tetamu dari luar maupun dalam negeri. Tarian ini merupakan tarian suku Mandar yang tinggal di Sulawesi Barat


Rumah adat Mandar, 
yakni rumah panggung yang memiliki bentuk yang hampir sama dengan rumah adat suku Bugis dan Makassar. Perbedaanya pada bagian teras (lego) lebih besar dan atapnya seperti ember miring ke depan.

Pakaian Adat Tradisional Mandar
Lipa Saqbe Mandar (Sarung Sutra Mandar) adalah pakaian adat Sulawesi Barat yang sepintas memiliki persamaan dengan kain sutra daerah lain, tapi di setiap jenis dan nama Lipa Saqbe Mandar memiliki ciri khas khusus yakni dari segi corak (sure’ ataupun bunga) dan cara pembuatannya, yang membuatnya terkenal ke daerah sekitarnya (bugis dan makassar).
 
 


Jepa 
Jika ikan saja tak mengenyangkan, ada penganan karbohidrat tinggi tersedia di meja. Jepa adalah makanan khas Mandar. Bentuknya lempengan bundar dari parutan ubi kayu dan kelapa yang dimasak di atas kuali tanah. 

Kecapi
Dipetik pada bagian senarnya

Tenggang Tenggang Lopi
Tenggang-tenggang lopi
Lopinna i anak kodra
Anak kodra di panja’ja’
Di panja’ja, uluanna
Uluanna lepa-lepa
Lepa-lepa lambang liwang
Lambang liwang di lallute’
Mapparotton tinja’na.
Polea’, polea’ liwang
natoana ma’ dro’mai
tedrong lotong tammettandu’
apa’ mokadra ma’ande.’
Polea’, polea’ liwang
natoana ma’ dro’mai
tedrong lotong tammettandu’
apa’ mokadra ma’ande.
  


Badik
Badik adalah sejenis pisau bersisi tajam tunggal atau ganda. Bentuknya asimetris dan bilahnya kerap kali dihiasi. Senjata tradisional ini, dikenal di berbagai wilayah di Indonesia, seperti di Sumatera dan Sulawesi.





Sumber : 
http://www.azamku.com/macam-macam-tarian-tradisional-indonesia/ 
http://senibudaya12.blogspot.com/2012/07/gambar-dan-nama-rumah-adat-daerah-di-33.html
http://tasik-cyber.blogspot.com/2014/08/gambar-dan-nama-pakaian-adat.html
https://adelapuspita.wordpress.com/2013/11/26/makanan-khas-34-provinsi-di-indonesia/ 
http://ngulik.co/alat-musik-tradisional-34-provinsi-di-indonesia/
http://mastugino.blogspot.com/2014/08/not-angka-lagu-daerah.html 
http://tasik-cyber.blogspot.com/2014/08/gambar-dan-nama-senjata-tradisional-dari-33-provinsi-di-indonesia.html

2 komentar:

Unknown mengatakan...

gambar rumah adat sulawesi nya keren

sporttoto4d@gmail.com mengatakan...

DARI PAK SUNANG Syukur alhamdulillah saya ucapkan kepada ALLAH karna atas kehendaknya melalui AKI DARMO saya sekaran sudah bisa buka toko sendiri dan bahkan saya berencana ingin membangun hotel dan itu semua berkat bantuan AKI DARMO,saya tidak pernah menyanka kalau saya sudah bisa sesukses ini,atas bantuan AKI DARMO yang telah memberikan nomor selama 3x putaran dan alhamdulillah itu semuanya tembus bahkan beliau juga membantu saya dengan dana ghaib dan itu juga benar benar terbukti, AKI DARMO juga menawarkan minyak penarik kepada saya dan katanya minyak ini bisa digunakan untuk berbagai jenis keperluan dan baru kali ini saya temukan paranormal yang bisa dipercaya,,bagi teman teman yang ingin dibantu untuk dikasi nomor yang benar benar terbukti tembus atau dana ghaib dan kepengen ingin membeli minyak penglaris jualang silahkan hubungi AKI DARMO di 082-310-142-255 ini benar benar terbukti nyata karna saya sendiri yang sudah membuktikannya –ATAU KTIK ALAMAT BLOG AKI -http://pendidikan-merangin.blogspot.com

Posting Komentar